PMI Buleleng Lantik Ribuan Anggota PMR Madya dan Wira

pmi-buleleng-lantik-ribuan-anggota-pmr-madya-dan-wira
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng melantik sebanyak 1.207 anggota Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Madya dan Wira.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Buleleng I Nyoman Sutjidra secara simbolis, yang juga dirangkaikan dengan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PMI, di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, pada Sabtu (17/9/2022).

Ditemui usai melantik anggota PMR, Sutjidra mengungkapkan jumlah anggota PMR yang dilantik pada tahun 2022 menjadi yang terbanyak selama ini. Dengan penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berjumlah 1.207 ini tentu dapat memacu kinerja PMI di Kabupaten Buleleng. Baik dalam kegiatan kemanusiaan, kebencanaan maupun kepalangmerahan. “Sebelumnya telah dilakukan proses seleksi dan dilatih selama tiga bulan sejak Bulan Juni 2022. Saya harap mereka tetap menjaga kesetiakawanan, ketulusan dan kemandirian dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam kegiatan PMI di Buleleng,” ungkapnya.

Dalam sambutan Ketua Umum PMI yang dibacakan oleh Sutjidra dalam rangka peringatan HUT ke-77 PMI juga dikatakan jajaran PMI di seluruh Indonesia agar tetap melaksanakan amanah dan kegiatan di PMI dengan penuh keikhlasan, profesional, transparan dan akuntabel. Sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat yang merupakan modal utama bagi PMI untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. “Setiap tingkatan PMI untuk terus mengedepankan kegiatan yang berfokus pada layanan masyarakat. Diharapkan tidak terlalu banyak melakukan pertemuan-pertemuan, tetapi lebih kepada penguatan kapasitas dan aksi nyata. Sehingga dapat melakukan pelayanan yang cepat dan profesional untuk kemanusiaan,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksanaan Pelantikan PMR Kadek Sumardika menjelaskan PMI Kabupaten Buleleng tetap melaksanakan tes seleksi PMR setiap tahunnya. Untuk tahun 2022 ini dilakukan secara daring melalui google form mulai Bulan Juni sampai dengan September 2022. Tes diikuti oleh 33 kelompok PMR sekolah diantaranya 20 kelompok PMR tingkat Madya (SMP) dengan jumlah 693 orang dan 13 kelompok PMR tingkat Wira (SMA/SMK/MA) dengan jumlah 514 orang. Sehingga total PMR untuk tahun 2022 ini sebanyak 1.207 orang. “Pada tahun 2022 ini juga akan dilaksanakan Lomba Tingkat Madya (LTM) IX PMR PMI Kabupaten Buleleng, tepatnya pada tanggal 24 dan 25 September 2022 di SMKN 1 Sukasada. Ini merupakan ajang untuk mengevaluasi pembinaan PMR setiap tiga tahun sekali,” tutupnya. (tya/bfn)