Posko Informasi Terpadu Selamatkan Pemedek Tercecer di Besakih

banner 120x600

___________________

KARANGASEM—Penanganan pemedek serangkaian Ida Bhatara Turun Kabeh, di Pura Besakih semakin sigap. Selain disediakan posko bengkel gratis bagi kendaraan pemedek yang mengalami masalah, juga ada posko informasi terpadu di areal parkir Kedungdung Besakih.

Hadirnya posko informasi terpadu yang merupakan gabungan dari BPBD, Basarnas, Pasebaya Agung, ORARI, dan RAFI, membuat informasi tentang persoalan yang dihadapi pemedek bisa cepat ditangani.

Seperti yang terjadi, Minggu (24/3/2019), posko informasi Kedungdung mencatat 20 rombongan pemedek dari pagi hingga sore tadi berpisah dengan keluarganya. Itu terjadi, menyusul pemedek yang sembahyang ke Pura Besakih mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya.

Sekretaris Pasebaya Agung, I Wayan Suara Arsana, yang kemarin bertugas di posko informasi terpadu Kedungdung, menuturkan, pelayanan cepat yang dilakukan tak terlepas dari tiga pos yang dibuat. Selain di posko terpadu di parkir Kedungdung, pihaknya juga membuat dua pos pos di areal Pura Besakih.

“Informasi terus terkoneksi, ketika ada pemedek yang sedang berpisah dengan rombongan kita langsung umumkan melalui pengeras suara di areal Pura Besakih, selanjutnya warga yang berpisah dengan rombongan keluarga itu langsung dituntun sampai bertemu keluarganya di areal parkir Kedungdung,” jelas pria yang juga Perbekel Desa Sukaluwih itu.

Kendati hadirnya informasi terpadu bisa mempermudah arus informasi pemedek yang tersesat, namun pihaknya tetap menghimbau agar pemedek yang tangkil ke Pura Besakih mengikuti rombongan untuk selalu koordinasi dan dan tidak terlalu jauh berpisah dengan rombongan.

“Areal Pura Besakih sangat luas, kita harapkan pemedek yang sembahyang bersama rombongan untuk menghindari berpisah dari rombongan. HP juga harus diaktifkan untuk memisahkan berkomunikasi dari rombongan,” jelas Suara, seraya menambahkan, pelayanan posko terpadu lewat radio komunikasi dilakukan dari pemedek yang baru datang hingga berakhir muspa di Pura Besakih. (tio)