Presiden Jokowi ke Besakih, Polda Bali Maksimalkan Pengamanan

presiden-jokowi-ke-besakih-polda-bali-maksimalkan-pengamanan
Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan meresmikan fasilitas Perlindungan Kawasan Suci Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Senin (13/3/2023) besok.

Kepastian itu terlihat dari jadwal kunjungan Presiden ke Bali. Presiden dijadwalkan mendarat di Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 10.30 Wita dan diperkirakan tiba di Besakih sekitar pukul 12.00 Wita dan lanjut melakukan peresmian fasilitas Perlindungan Kawasan Suci Besakih. Dalam kunjungan itu, Presiden juga dijadwalkan akan melaksanakan ISOMA (Istirahat, Solat dan Makan), namun tempatnya masih tentative.

Terhadap kunjungan Presiden Joko Widodo ke Besakih, Polda Bali dan Kodam IX Udayana melakukan pengamanan maksimal sepanjang rute kunjungan yang dilalui Presiden.

“Polri dan TNI memberi pengamanan maksimal selama Bapak Presiden melakukan kunjungan kerja di Bali. Pengamanan tidak hanya di Besakih, sepanjang rute yang dilalui Presiden termasuk kunjungan ke TPST Denpasar, juga dilakukan pengamanan secara maksimal,” terang Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, ditemui saat melakukan pemantauan fasilitas Perlindungan Kawasan Suci Besakih bersama Gubernur I Wayan Koster, Minggu (12/3/2023).

Dikatakan, pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo ke Bali, kata Irjen Pol Jayan Danu Putra, sesuai protap yang sudah dilakukan Polri. “Pengamanan Bapak Presiden ke Bali bersandi Operasi Waskita. Kodam IX Udayana selaku pengendalinya, sedangkan kami Polda Bali ada di posisi wakil. Kami sudah melakukan persiapkan pengamanan secara maksimal, baik saat Bapak Presiden datang ke Bali hingga beliau kembali lagi ke Jakarta,”ujarnya.

Sayangnya Kapolda Irjen Pol Putu Jayan Danu tidak merinci jumlah personil yang diterjunkan untuk melakukan pengamanan selama Presiden Joko Widodo berada di Bali. “Pastinya jumlah personil yang kami turunkan untuk melakukan pengamanan kedatangan Bapak Presiden ke Besakih cukup banyak. Para personil itu gabungan personil Polda Bali dan Polres Karangasem,” pungkas Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra. (tio/bfn)