Bawa 45 Nama ke KPU, Demokrat Optimis Bisa Tambah Kursi DPRD Karangasem

DPC Partai Demokrat Karangasem dipimpin Komang Wirawan mendaftarkan bakal calegnya ke KPU, sABTU (13/5/2023)
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Dihantar penari anoman, DPC Partai Demokrat Karangasem membawa 45 nama bakal caleg Pemilu 2024 untuk didaftarkan ke KPU, Sabtu (13/5/2023).

Pendaftaran  partai berlambang mercy itu menjadikannya sebagai partai yang kesepuluh mendaftar ke KPU. Dari data yang berhasil dihimpun, hingga H-1 batas terakhir pendaftaran bakal caleg, tercatat sudah  11 partai yang mendaftarkan bakal calegnya ke KPU Karangasem.

Selain dihantar penari anoman, pendaftaran bakal caleg Demokrat Karangasem juga  menyuguhkan atraksi budaya, sperti penari topeng, gebug ende dan gong baleganjur.

Ketua  DPC Partai Demokrat Karangasem I Komang Wirawan didampingi Sekretaris DPC, I Wayan Supartha, ditemui usai mendaftarkan bakal calegnya,  mengaku optimis bisa mendongkrak raihan kursi di DPRD Karangasem.

“Dengan kekuatan 45 bakal caleg yang diajukan, kami optimis bisa mendapatkan tambahan empat kursi DPRD Karangasem pada Pemilu 2024 dari dua kursi yang diraih pada Pemilu 2019 lalu,” terang anggota DPRD Provinsi Bali dua periode tersebut.

Wirawan mengatakan, potensi tambahan kursi di DPRD Karangasem  datang dari empat dapil, yakni  Dapi 1 (Kecamatan Karangasem) di dapil ini bertengger nama-nama beken  dan petarung sejati. Selain ada Ketut Sulendra (Ketua Umum Cong Asah) juga ada nama Komang Jawi. Selendra sendiri merupakan mantan anggota DPRD Karangasem. Pada Pemilu 2014 dia maju melalui Partai Hanura.  Selain itu, potensi tambahan kursi datang  Dapil II (Bebandem), Dapil III (Manggis), dan Dapil IV (Selat Redang Sidemen).

“Saya pastikan akan ada kejutan, terutama di Dapil I (Kecamatan Karangasem). Di Dapil ini kami memiliki empat kader potensial dalam mendongkrak suara  dan akan merebut minimal 1 kursi DPRD  dari zero kursi  pada Pemilu 2019,” ungkapnya.

Baik Wirawan maupun Wayan Supartha sepakat, bahwa Pileg 2024 nanti  akan dihadapkan dengan lawan politik yang kuat. Kendati demikian, kader partai besutan Agus Harimurti Yodhoyono  (AHY) yang ada di Karangasem  sudah sangat siap bertarung untuk merebut kursi  di masing-masing dapil.

Sekadar diketahui, Pemilu 2019 lalu,  Partai Demokrat, berhasil menempatkan dua orang kadernya duduk di kursi DPRD Karangasem. Kedua kadernya itu, yakni I Wayan Supartha (Sekretaris DPC) yang bertarung di Dapil IV ( Selat, Rendang, Sidemen) dan Agung Puspada di Dapil III (Manggis). Selain itu Demokrat Karangasem juga berhasil mengantarkan kadernya untuk merebut satu kursi DPRD Provinsi Bali atas nama I Komang Wirawan  yang sekarang duduk sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Karangasem.

Sementara itu, Ketua KPU Karangasem, Gede Ngurah Maharjana, mengatakan, 45 nama bacaleg dengan berkas dokumen persyaratan pencalonan yang diajukan DPC Partai Demokrat Karangasem  semuanya sudah memenuhi syarat.

“Dalam SILON semua berkas bacaleg yang diajukan  DPC Partai Demokrat Karangasem sudah diterima dan dinyatakan memenuhi persyaratan,” pungkas Maharjana. (tio/bfn)