Bupati Gede Dana Bersama Wabup Artha Dipa Lepas Peserta Napak Tilas Perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai

bupati-gede-dana-bersama-wabup-artha-dipa-lepas-peserta-napak-tilas
Keterangan Foto: Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Wakil Bupati Wayan Artha Dipa dan Sekda I Ketut Sedana Merta melepas 29 regu Napak Tilas rute perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai di Tugu Tonggak Perjuangan, Pemuteran, Desa Pempatan Rendang.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Wabup I Wayan Artha Dipa melepas 29 regu Napak Tilas pelacakan rute perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai serangkaian Hut ke-78 Kemerdekaan RI di Tugu Tonggak Perjuangan, Dusun Pemuteran, Desa Pempatan Kecamatan Rendang, Selasa (15/8/2023).

Dari 29 regu yang terlibat dalam menapak jejak sejarah perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai di Tanah Aron itu, 20 diantaranya merupakan regu putra dan 9 regu putri yang semuanya berasal dari SMA Negeri Se Kabupaten Karangasem. Total jumlah peserta pelacakan sebanyak 200 orang.

Pelepasan regu pelacakan diawali dengan persembahyangan bersama di Tugu Tonggak Perjuangan Pahlawan I Gusti NGurah Rai dilanjutkan upacara bendera dipimpin langsung Bupati Karangasem I Gede Dana dengan komandan upacara Danramil 1623/03 Rendang, Kapten Infanteri, I Wayan Jayantara.

Pelacakan yang diikuti para pelajar terdapat juga regu penyapu ranjau diantaranya terdiri dari TNI, Polisi, Orari, SAR,POL PP, RAPI dan TAGANA. Rute napak tilas dimulai dari Dusun Pemuteran menuju penginapan di SD 2 Sebudi Selat kemudian keesokan harinya dilanjutkan menuju Tanah Aron, terus menuju Pura Laga dan peserta akan menginap di Pura Laga. Kemudian Besoknya perjalanan dilanjutkan tanggal 17 Agustus 2023 menuju Gedung Yasa Kerti Amlapura untuk mengikuti persiapan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 tanggal 17 Agustus 2023 yang akan digelar di Lapangan Tanah Aron, Amlapura.

Bupati Gede Dana dalam arahannya menyampaikan, kegiatan Napak Tilas jejak perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai, bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai perjuangan serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta wawasan kebangsaan Nasional. Kegiatan pelacakan ini merupakan salah satu wujud nyata terhadap penghayatan nilai-nilai perjuangan dari jasa para pahlawan Nasional yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia.

“Sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, merasa berkewajiban untuk melanjutkan dan meneruskan cita-cita para pahlawan dalam bentuk berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” imbaunya.

Bupati Dana juga mengatakan, kegiatan Napak Tilas, merupakan salah satu wujud penghargaan dalam upaya peningkatan kesadaran tentang nilai-nilai perjuangan terhadap jasa Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. “Mari jadikan kegiatan ini sebagai kilas balik penghayatan terhadap hikmah perjuangan para pendahulu yang telah kita warisi bersama, kemudian mari isi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan untuk dapat diwariskan kepada anak cucu kita” ujarnya.

Senada dengan Bupati Gede Dana, Wabup Artha Dipa menambahkan, kegiatan Napak Tilas diharapkan dapat memberikan kekuatan moral dan mampu menyegarkan tekad persatuan dan kesatuan pada setiap insan Bangsa Indonesia , khususnya masyarakat Karangasem, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup yang bersih, cerdas serta bermartabat. (tio/bfn*)