Disdukcapil Karangasem Segera Sosialisasikan KTP Digital

disdukcapil-karangasem-segera-sosialisasikan-ktp-digital
Kepala Disdukcapil Karangasem I Made Kusuma Negara.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam waktu dekat ini akan segera melakukan sosialisasi terkait akan pembuatan KTP Digital. Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Karangasem I Made Kusuma Negara kepada media ini Senin(30/1/2023).

Kusuma Negara menyampaikan, nantinya masyarakat selain memiliki KTP Digital, KTP Elektronik juga masih berlaku. “e-KTP masih diperlukan untuk mengurus keperluan administrasi lainnya, seperti di perbankan, pembelian tiket, pengurusan pajak hingga pengajuan kredit serta pembayaran pajak kendaraan,” terangnnya.

KTP Digital untuk saat ini kata Kusuma Negara, baru diberlakukan di internal pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karangasem. Untuk KTP Digital ke masyarakat pihaknya mengaku akan segera melakukan sosialisasi.

“Untuk KTP Digital sebenarnya hampir sama dengan e-KTP, cuma ada yang tercetak dalam bentuk fisik ada yang berupa digital. Keuntungan dari KTP Digital tidak rusak dan hilang sebagaimana e-KTP,” ucapnya seraya menambahkan, kendala yang saat ini untuk penerbitan KTP Digital, lanjut Kusuma Negara adalah, tidak semua orang memiliki Handphone berbasis Android versi baru yang bisa mendukung aplikasi KTP Digital.

Untuk pembuatan atau penerbitan KTP Digital ini lanjut Kusuma Negara, langkahnya adalah dengan mendownload aplikasi Identitas Digital dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kemendagri di Playstore, kemudian memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email dan nomor ponsel.

“Langkah selanjutnya melakukan verifikasi data melalui Face Recognition atau sistem verifikasi wajah. Kemudian pemohon diminta untuk kembali memverifikasi email. Setelah berhasil kembali lagi ke menu aplikasi ID, dan untuk login KTP Digital tersedia pada menu utama, ada juga kartu keluarga (KK), NPWP, kepoemilikan kendaraan, data Badan Kepegawaina Nasional (BKN) serta Kartu Vaksinasi Covid-19. Setelah semua langkah dilakukan bisa melakukan scan barcode di Disdukcapil, untuk mengaktifkan KTP Digitalnya,” jelas Kusuma Negara. (ger/bfn)