Kapolres Buleleng Tegaskan Kelola Keuangan Dengan Baik Sesuai DIPA

kapolres-buleleng-tegaskan-kelola-keuangan-dengan-baik-sesuai-dipa
Kapolres Buleleng, AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi saat memberikan sosialisasi terkait DIPA, yang dilaksanakan pada hari Jumat (29/12/2023) di ruang Presisi Polres Buleleng.
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Kapolres Buleleng, AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi selaku Kuasa Pengguna Anggaran menegaskan kepada seluruh pejabat Utama Polres Buleleng dan Kapolsek Jajaran agar mengelola keuangan dengan baik sesuai dengan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Hal tersebut disampaikan Kapolres saat memberikan sosialisasi terkait DIPA, yang dilaksanakan pada hari Jumat (29/12/2023) di ruang Presisi Polres Buleleng.

DIPA pada Polri adalah dokumen yang merinci alokasi anggaran Kepolisian khususnya Polres Buleleng untuk setiap kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu periode tertentu atau pengeluaran keuangan yang harus dijalankan oleh penerima dan pengguna DIPA.

Kapolres Widwan mengatakan, salah satu tujuan utama dari sosialisasi ini adalah meningkatkan transparansi dalam penggunaan anggaran. Transparansi ini menjadi kunci dalam mewujudkan akuntabilitas dan pengelolaan keuangan yang baik. “Sosialisasi DIPA merupakan langkah penting dalam upaya untuk menciptakan tata kelola keuangan yang lebih baik. Dengan memahami DIPA, kita dapat memastikan bahwa setiap pengeluaran negara terencana dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal,” ucapnya.

Kapolres Widwan juga menambahkan, bahwa selain meningkatkan transparansi, sosialisasi DIPA juga bertujuan untuk mengurangi potensi penyalahgunaan dana. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana alokasi anggaran dilakukan dan untuk tujuan apa, diharapkan dapat mengurangi risiko penyalahgunaan keuangan. Imbuh Kapolres Buleleng. “Setelah diserahkan DIPA, kepada masing-masing penerima agar membuat Rencana Kegiatan Tahun dan disesuaikan dengan Rencana Penarikan Dana,” pinta Kapolres.

Selain melakukan sosialisasi DIPA, saat itu juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas oleh PJU dan Kapolsek Jajaran dihadapan Kapolres Buleleng. Pakta Integritas pada intinya berisi kepatuhan dan taat dalam pelaksanaan tugas dan agar seluruh pejabat serta personel Polres Buleleng tidak melakukan perbuatan yang dapat mencederai institusi Kepolisian dan jauh dari KKN. (tya/bfn)