Karangasem Rekrut 2.676 PPPK, Juga 174 Formasi CPNS

karangasem-rekrut-2-676-pppk-juga-174-formasi-cpns
Kepala BKPSDM Karangasem, I Komang Agus Sukasena
banner 120x600

KARANGASEM, Bali Factual News–Pemkab Karangasem melalui Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), tahun ini melakukan rekrutmen besar-besaran Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang didominasi tenaga teknis dan penyuluh. Sisanya, tenaga kesehatan dan pendidikan. Jumlah rekrutmen yang diusulkan sebanyak 2.676 orang. 

Kepala BKPSDM Karangasem, I Komang Agus Sukasena, mengatakan, selain melakukan rekrutmen PPPK, Pemkab Karangasem juga mengusulkan sebanyak 174 formasi CPNS. Usulan CPNS ini sesuai dengan jumlah PNS yang sudah pensiun.

“Usulan ini sudah kami sampai ke Menpan RB sesuai dengan analisis jabatan, dan perhitungan pegawai yang pensiun,” jelas Sukasena kepada wartawan, Senin (5/2/2024).

Dijelaskan, banyaknya tenaga teknis yang diusulkan dalam rekrutmen PPPK tahun ini, karena memang Karangasem kekurangan banyak tenaga teknis. Alasannya rekrutmen PPPK tahun lalu  Pemerintah Pusat masih memfokuskan rekrutmen pada tenaga kesehatan dan guru.

“Tahun ini Pemerintah Pusat mulai membuka rekrutmen PPPK untuk tenaga teknis, makanya kami fokuskan mengusulkan tenaga teknis ke pusat. Mudah-mudahan dari  jumlah usulan yang kami usulkan semuanya bisa terealisasi,” harap Sukasena. 

Sekadar diketahui,  sampai saat ini Pemkab Karangasem masing banyak kekurangan pegawai ASN. Ini dipicu karena Pemerintah Pusat lama tidak melakukan rekrutmen CPNS.  Kendati kekurangan pegawai ASN, namun roda pemerintahan di Karangasem tetap berjalan lancar, karena kekosongan pegawai ASN  sementara tenaga kontrak. (tio/bfn)