Palsukan Suket SWAB, Pria Lotim dan 2 Warga Kecicang Islam Diamankan

banner 120x600
SH, tersangka pembuat Suket SWAB Palsu (kiri) dan B (kanan)  tersangka pembawa suket palsu saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Karangasem.

KARANGASEM, Balifactualnews.com-Sat Reskrim Polres Karangasem berhasil mengamankan  tiga pelaku pembuat surat keterangan palsu (Suket) hasil SWAB, Selasa 16 Februari 2021.   Hasil pengembangan, ketiga pelaku itu memiliki peran berbeda-beda. Selain sebagai pembawa Suket  palsu  hasil SWAB, dua diantaranya juga ada yang berperan sebagai penghubung dan pembuat  Suket  palsu tersebut.

Ketiga pelaku yang diamankan, masing-masing bernisial B (49) asal Sasak (49)  asal sasak, Desa Bajasari, Labuhan Haji, Lotim, NTB, seorang berempuan berinisial NW (30)  dan SH (34), keduanya asal  Dusun Kecicang Islam, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem,  Karangasem.

Kasat Reskrim Polres Karangasem IPTU Aris Setyanto seizin  Kapolres AKBP Ni Nyoman Suartini SIK MM.Tr, Rabu 17 Februari 2021, membenarkan penangkapan itu. Dia mengatakan, penangkapan berawal dari adanya laporan  seorang petugas kesehatan    bernama Panca Wardana SKM, seorang PNS yang  kebetulan sedang bertugas di pelabuhan Padangbai Manggis,  melihat seorang pria berinisial B menggunakan Suket SWAB palsu saat hendak menyeberang dari  Pelabuhan Padangbai ke Pelabuhan Lembar.   Tak  berselang kama dari laporan itu,  sekitar pukul 13.30 Wita, KP3 Padangbai menangkap B  dan  langsung dikeler ke Polres Karangasem untuk proses hukum lebih lanjut.

“Petugas tahu Suket  yang di bawa B palsu, karena karena  melihat tandatangan dalam  surat tersebut hasil scan.  Kecurigaan lain tersangka mengaku melakukan Rapid Tes Antigen di Klinik Kimia Farma Karangasem, padahal tempat itu tidak ada. Kecurigaan petugas kesehatan itu semakin kuat, karena  tersangka mengaku yang diambil sampel dalam  melakukan rapid tes antigen adalah darahnya,” terang Aris Setyanto.

Saat di introgasi, B mengaku membeli Suket palsu itu dari SH  seharga Rp 50 ribu melalui penghubung  NW.  Tak berselang lama dari penangkap B, dua warga Kecicang Islam itu, langsun diamankan. Saat ini ketiganya masih menjalani pemeriksaan intensif  di Mapolres Karangasem. (tio/bfn)