Pasemetonan Manca Desa Bulatkan Tekad Menangkan Gede Dana

banner 120x600
Usai rapat pasemetonan,  prajuru  Desa Adat Manca Desa di Karangasem (Bugbug, Bebandem, Jasri, Ngis dan Datah) di menyampaikan kebulatan tekad untuk memenangkan Gede Dana   pada Pilkada 9 Desember nanti di wantilan Desa Adat Bugbug, Selasa (1/12/20)

KARANGASEM,  Balifactualnews.com—Pasemetonan Manca Desa, yakni Desa Adat Bugbug, Desa Adat Jasri (Kecamatan Karangasem), Desa Adat  Ngis ( Kecamatan Manggis) dan Desa Adat Datah (Kecamatan Abang), menyatakan kebulatan tekad untuk memenangkan I Gede Dana sebagai Bupati Karangasem pada 9 Desember  nanti.

Kebulatan tekad untuk memenangkan Gede Dana, mengemuka usai prajuru adat Manca Desa menggelar pertemuan di wantilan Desa Adat Bugbug, Kecamatan Karangasem, Senin (1/12/20) Sebagai warih dari  pasemetonan Manca Desa, Gede Dana yang juga putra asal Desa Datah,  hadir memenuhi undangan dalam pertemuan yang mengusung semangat persatuan pasemetonan Manca Desa tersebut.

Kelian Adat Desa Bugbug, Jro Nyoman Purwa Arsana selaku penggagas kegiatan itu, mengatakan, rapat yang digelar bersama prajuru Desa Adat Manca Desa tersebut bertujuan untuk menghidupkan  kembali tradisi yang dimiliki pasemetonan Manca Desa yang sempat terputus.

“Pak Gede Dana, merupakan warih Ida Sasuhunan Manca Desa. Ketulusannya maju nyalon Bupati untuk memperbaiki pembangunan di Karangasem  sudah sepatutnya untuk  kita dukung bersama agar  Nangun  Sat Kerthi Loka Bali bisa cepat terwujud di Karangasem,” ucap  Purwa Arsana.

Dalam rapat tersebut, Jro Nyoman Purwa Arsana, juga  menyampaikan, bahwa Desa Adat Bugbug berencana menggelar upacara Ngeteg Linggih di Pura Gumang pada September 2021 nanti. Pihaknya berharap, semeton  kerama Manca Desa ikut mendoakan agar  upacara yang digelar nanti bisa berjalan lancar. “Pertemuan ini, bertujuan untuk menyatukan kembali pasemetonan Manca Desa agar benar-benar bersatu  dan salumlum sebayantaka,” katanya.

Dipihak lain, perwakilan Bendesa Adat Jasri,  Putra Ayusta, dan Bendesa Adat Bebandem, serta Bendesa Adat Ngis, menyambut baik gagasan yang disampaikan Kelian Desa Adat Bugbug itu. Mereka berharap agar pertemuan tersebut hendaknya bisa lebih sering dilaksanakan, sehingga bisa lebih mudah menelaah setiap persoalan yang ada dalam pasemetonan Manca Desa. “Semakin sering pertemuan akan semakin bagus dan semakin banyak pula persoalan yang bisa dibahas untuk semeton Panca Desa,” ucap  Ayusta.

Sementara itu, dihadapan prejuru Manca Desa, Gede Dana mengaku sangat bahagia atas digelarnya pertemuan itu. “Saya benar-benar  merasa bahagia dengan pertemuan ini. Secara niskala Ida  Sasuhunan sudah menyatukan kita sejak dulu, dan secara sekala kita disatukan dengan pertemuan yang digelar seperti sekarang ini,” ucap  Gede Dana, seraya mohon doa  kepada prajuru dan semeton Manca Desa, agar  selalu diberik kesehatan dan dimudahkan dalam menghadapi Pilkada ini. (ger/tio/bfn)