Pemilu 2024, KPU Karangasem Targetkan Partisipasi Pemilih 83 Persen

pemilu-2024-kpu-karangasem-targetkan-partisipasi-pemilih-83-persen
I Putu Darma Budiasa, Ketua KPU Karangasem
banner 120x600

KARANGASEM, Bali Factual News–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem terus menggencarkan sosialisasi pelaksanaan pemilu dengan menyasar semua lapisan masyarakat. Langkah itu dilakukan untuk mendongkrak partisipasi pemilih  pada 14 Februari mendatang.

Ketua KPU Karangasem Putu Darma Budiasa,  melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, I Kadek Sukara,  mengatakan,  pemilu tahun ini, pihaknya menargetkan pemilih ke TPS sebanyak 83 persen  dari jumlah pemilih  yang sudah masuk DPT sebanyak 388.854 pemilih.

“Partisipasi pemilih pada Pemilu Tahun ini (2024) didorong ada peningkatan dari Pemilu lima tahun  lalu (2019) dengan tingkat partisipasi pemilih sebanyak 78,5 persen. Semoga target 83 persen yang kami pancang terlampaui,” kata Darma Budiasa, Senin (5/2/2024). 

Memenuhi target yang dipancang, kata Darma Budiasa,  KPU Karangasem melalui Divisi Sosialisasi, telah gencar melakukan sosialisasi dengan menyasar semua lapisan masyarakat. Selain menyasar kelompok rentan, sosialisasi Pemilu juga digencarkan pada pemilih pemula  di sekolah SMA/SMK yang kebanyakan pemilih generasi Z, dan sosialisasi ke partai politik. 

“Sosialisasi  Pemilu 2024 juga kami lakukan di media sosial, seperti facebook, Instagram, serta pembuatan video film pendek berisi edukasi yang diselipi budaya,” jelas komisioner KPU Karangasem dua periode itu. 

Bukan hanya itu, KPU juga melakukan sosialisasi di ruang publik dengan memanfaatkan video throne Dinas Kominfo, serta sosialisasi keliling di semua kecamatan yang berbasis desa-desa. 

“Pemilu sudah di depan mata, kami juga  sudah menggerakkan PPK dan anggota PPS untuk berkoordinasi ke banjar-banjar  menyampaikan waktu pencoblosan dan mengajak masyarakat datang ke TPS untuk  memilih. Kami masih memiliki waktu sosialisasi yang terakhir, yakni saat memberikan surat C Pemberitahuan kepada pemilih ke masing-masing rumah penduduk” tandasnya. (tio/bfn)