Sambut Arus Mudik Lebaran, Kapolda Bali Didampingi Kapolres Karangasem Pastikan Kesiapan Pelabuhan Padangbai

banner 120x600


KARANGASEM, Balifactualnews.com – Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, bersama Pejabat Utama Polda Bali dan didampingi Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna, melaksanakan pengecekan kesiapan pos penyekatan menjelang Operasi Ketupat Agung 2022 dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H di Masa Pandemi Covid-19 di Pos Pam Yeh Malet, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, pada Selasa (26/04/2022).

Kapolda Bali kepada awak media mengatakan, pihaknya turun ke Pelabuhan Padangbai untuk melihat secara langsung kesiapan Pelabuhan Padangbai dalam melayani arus mudik jelang Idul Fitri nanti.  Kapolda juga menekankan agar personil yang nantinya melaksanakan tugas Ops Ketupat Agung 2022, untuk atensi arus penyebrangan dan bongkar-muat di Pelabuhan Padangbai dan setiap saat atur waktu memantau situasi seputaran area parkir pelabuhan.

“Agar memperketat pengamanan pada titik – titik atau daerah yang dianggap rawan terjadinya kriminalitas, kemacetan maupun gangguan Kamtibmas. Atensi syarat perjalanan dan prokes baik pemudik maupun petugas pam, semoga kegiatan Ops Ketupat Agung 2022 ini dapat berjalan lancar guna kesuksesan pengamanan rangkaian kegiatan mudik lebaran dan Idul Fitri 1443 H”, ungkap Kapolda Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra.

Dalam pantauannya, pelabuhan Padangbai sudah siap menyambut kedatangan arus mudik lebaran. Bahkan demi kelancaran arus mudik, pihak ASDP sudah menyiagakan 22 armada kapal.  “Salam hal ini saya rasa ASDP sudah bisa mengantisipasi kalau terjadi lonjakan arus mudik. Pengalaman penyeberangan penumpang saat Moto GP Mandalika, bisa diterapkan pada lebaran kali ini,” tandasnya.

Kapolda menambahkan, juga agar selalu berkoordinasi dengan TNI, dan stakeholder terkait lainnya, apabila ada penemuan kejanggalan atau pelanggaran lainnya dan agar dilakukan tindakan secara humanis, ingatkan dan sosialisasikan terus menerus kepada masyarakat tentang kebijakan pemerintah perihal mudik lebaran syarat Vaksinasi sampai tahap III atau Booster dan mengimbau serta mengawasi disiplin Protokol Kesehatan.

“Demi lancarnya arus mudik, kami sudah membangun sejumlah titik pos pelayanan, selain di Kusamba, dan Goa Lawah, pos pelayanan mudik juga dibangun di perbatasan Yeh Malet, Desa Antiga, Manggis. Pos pelayanan yang dibangun itu, juga difungsikan untuk melakukan penyekatan pemudik, guna mengurangi terjadinya kemacetan panjang,” imbuh Kapolda Bali seraya menambahkan  dengan penyekatan ini, kami berharap arus mudik dengan tujuan Lombok tidak sampai menimbulkan kemacetan panjang. Antisipasi juga sudah kami lakukan dengan pengaturan bagi kendaraan yang hendak menyeberang, mulai dari roda 2, roda empat, truk dan bus. Ini dilakukan agar proses penyeberangan berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin, mengungkapkan, melihat pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, pergerakan arus mudik mulai terasa pada tanggal 29-30 April mendatang. Meski saat ini masih landai, Eka Suyasmin memperkirakan lonjakan arus mudik akan mulai kelihatan H-3 Lebaran. (ger/bfn)