Hypnosport Salah Satu Penentu Prestasi di Porprov Bali

hypnosport-salah-satu-penentu-prestasi-di-porprov-bali
Ketua DPW PKHI Provinsi Bali, Master Lan Ananda. (foto: bfn/ist)
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Banyak kejutan-kejutan terjadi di ajang Porprov Bali XV/2022 yang telah resmi ditutup Gubernur Bali Wayan Koster, Minggu (27/11/2022) di Gedung Jayasabha Denpasar. Kejutan itu memang terjadi di pertandingan cabang olahraga (cabor), dimana atlet yang bukan unggulan justru mampu melewati atlet diatasnya dari sisi kualitas tenik maupun fisik.

Hal itu diakui Ketua Umum Pengkab Muaythai Klungkung I Komang Suprapta. Tim muaythai Klungkung akhirnya menyabet predikat juara umum Porprov Bali 2022, yang sama sekali tak diperkirakan jauh sebelum. Prestasi itu disebutkan Komang Suprapta ternyata tak lepas karena timnya dibekali Hypnosport selain program latihan rutin dan bagus.

Apakah ini sebuah kebetulan atau Hypnosport memberikan efek yang benar-benar signifikan ?
Menurut Master Lan Ananda Ketua DPW Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) Provinsi Bali, penerapan Hypnosport kepada atlet dapat memberikan hasil lebih optimal. Tak hanya tim muaythai Klungkung, tim tarung derajat Kota Denpasar juga mengalami peningkatan perolehan medali yang sebelumnya 1 emas menjadi 4 Emas. Sedangkan MI Klungkung, sebagai pendatang baru langsung menggeser juara umum Buleleng dari posisinya dengan perolehan 6 emas, 3 perak dan 2 perunggu dari 11 atlet yang dikirim. Secara keseluruhan KONI Klungkung menerapkan Hypnosport kepada beberapa cabor yang dikirim dan terbukti mengalami peningkatan peringkat.

“Kedepannya praktisi Hypnosport harus lebih ditingkatkan personelnya bila seluruh peserta Porprov memasukkan Hypnosport dalam programnya. Pasalnya, yang memahami Hypnosport tidak begitu banyak di Bali. Ini adalah tantangan bagi organisasi profesi Hipnotis ini,” kata Master Lan Aanda di Denpasar, Rabu (30/11/2022).

Mantan Ketua Umum Pengprov beladiri dan memilih berpenampilan gondrong dan berjanggut ini menguraikan dengan pasti, keberhasilan tim yang menggunakan Hypnosport sangat meningkat. “Kami memiliki datanya kok meski kami tidak melakukan survey secara ilmiah,” tandas Master Lan Ananda. (ena/bfn)