Tarung Kelian Desa Adat Bugbug Rasa Pilkada, Purwa Arsana Melenggang

banner 120x600
Nyoman Purwa Arsana

KARANGASEM,Balifactualnews.com—Desa Adat Bugbug, Karangasem melaksanakan pemilihan calon kelian adatnya, Minggu (6/9/20). Proses pemilihan kental  nuansa politik Pilkada, menyusul kedua calon yang muncul merupakan kader partai politik  besar di Bali.

Ketua panitia pemilihan, I Wayan Mertha S.pd, Mpd,  mengatakan, ada dua nama yang muncul  menjadi kandidat calon kelian adat tersebut. Selain I Nyoman Purwa Arsana, juga muncul nama I Komang Mustika Jaya.

Pantauan di lapangan, tarung kelian Desa Adat Bugbug, kental memunculkan aroma politik Pilkada. Itu terjadi karena kedua kandidat calon  adalah kader partai politik besar di Bali. Nyoman Purwa Arsana  merupakan kader PDI Perjuangan yang saat ini  duduk di kursi DPRD Bali, sedangkan I Komang Mustika Jaya merupakan kader Partai Golkar yang masih aktif duduk di Kursi DPRD Karangasem.

Dalam pemilihan tersebut  nama Purwa Arsana muncul di 12 Banjar termasuk menjadi calon tunggal di tujuh Banjar, yakni Banjar Puseh, Madya, Darma Laksana, Segaa, Celuk Kauh, Asah dan  Banjar Baruna.  Selain itu nama Purwa Arsana juga muncul di lima banjar lainnya, yakni Banjar Bancingah, Celuk Kangin, Garia, Dukuh Tengah, dan Banjar Samuh  yang disebut-sebut menjadi banjar binaan Mustika Jaya. Melihat hasil pencalonan  tersebut, Purwa Arsana dipastikan bakal melenggang menjadi Kelian Desa Adat Bugbug, menggantikan Wayan Mas Suyasa.

Pemilihan Kelian Desa Adat Bugbug yang melibatkan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bali dan Fraksi Golkar DPRD Karangasem,  juga menjadi ajang  pemanasan Pilkada Karangasem 9 Desember mendatang.  Pasalnya, baik Purwa Arsana  maupun Komang Mustika Jaya memiliki arah dukungan yang berbeda dalam Pilkada nanti.

“Proses  pemilihan di tingkat banjar sudah selesai. Sesuai perda perda nomor 4 tahun 2019, Nyoman Purwa Arsana sebagai pemenangnya, karena  memiliki suara dukungan 50+1.  Hasil ini segera kita tetapkan dalam musyawarah desa  yang rencananya dilaksanakan Selasa (8/9/20) mendatang,” ucap Merta. (tio/bfn)